Karakter Rasa Kopi Gayo

Selain manfaatnya yang luar biasa kopi juga banyak varian dan karakter rasanya, seperti Kopi Gayo salah satu Varian Kopi yang di tanam di tanah pegunungan Ketinggian diatas 1200mdpl takengon Aceh ini.

Kopi Gayo  memiliki Body dan Aromanya yang kuat sedikit rasa rempah dan tingkat keasamannya (spice) rendah. Hal ini juga di pengaruhi oleh ketinggian tempat kopi di tanam sehingga menghasilkan biji kopi yang padat / tebal.
Walau rasa kopi gayo yang kuat membuatnya sangat di gemari karena tidak pahit , karakter nya yang clean membuatnya laku sebagai campuran house blend.
Dari pengalaman penikmat kopi yang sudah mencicipinya rata-rata menilai Aromanya sangat kuat dengan aksen nutty dan spice. Keasamannya sangat rendah, sweetness cenderung tinggi, dan body yang dihasilkan medium.
Tidak jauh dengan kareakter sumatera pada umumnya yang membedakan kopi gayo adalah aftertaste yang bersih (Clean). Karena karakter rasa bijinya, kopi ini sering di jadikan campuran untuk House Blend dn cafe / kedai-kedai kopi.

Apalagi kopi gayo yang di olah secara khusus dan diproses secara higienis dari biji kopi pilihan petik merah petani berpengalaman takengon aceh,  Kopi Arabika Specialty pastinya akan menjadi pilihan dan bisa dinikmati dan di Order mampir Javaholic Coffee Corner Wonogiri


Kopi specialty merupakan istilah untuk kopi dengan grade tertinggi karena kopi diproses secara khusus dengan ketentuan khusus pula mulai dari proses awal kopi ditanam sampai disajikan dalam cangkir. Berikut syarat sebuah kopi bisa dikategorikan sebagai grade kopi specialty :
  1. Petik merah. Kopi yang dipetik ketika dipanen wajib yang sudah berwarna merah saja, yang kemudian diproses menjadi green bean.
  2. Memiliki total defect <4%. Jika dalam 1kg green bean kopi specialty, maka total defect atau biji yang rusak tidak boleh lebih dari 40gr.
  3. Memiliki nilai cupping test >80.
Oleh sebab itu, harga biji kopi specialty biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biji kopi kualitas lain. Karena memang rasa dan kualitas yang didapat sesuai dengan harga yang dikeluarkan. 

BIji Kopi Roasting Arabika Specialty Gayo  ini untuk mitra kedai kopi dan penikmati kopi bisa mampir dan di beli di  Javaholic Coffee Corner Wonogiri dengan harga reseller karena kopi yang di jual tanpa perantara dan di kirim dari kebun kopi takengon aceh langsung. 

Tidak ada komentar