Tarian Kethek Ogleng Wonogiri


Kethek Ogleng adalah nama sebuah tarian yang diciptakan oleh seorang warga Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah bernama Darjino yang kemudian disempurnakan oleh Suwiryo. 


Di tangan Suwiryo gerakan tariannya diubah lagi hingga menyerupai gerakan-gerakan kera yang ternyata sangat digemari oleh masyarakat luas. Setelah Suwiryo meninggal tarian itu diteruskan oleh Sukijo hingga sekarang dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Wonogiri. Tidak diketahui secara pasti kapan tarian ini diciptakan. 
by langit senja 

Cerita dalam tari kethek ogleng diilhami dari  legenda Panji yang di dalamnya terdapat cerita tentang kethek (kera). Tarian ini sangat digemari oleh masyarakat hingga akhirnya meyebar ke seluruh kecamatan di Kabupaten Wonogiri dan menjadi ikon dari kabupaten Wonogiri.

Salah satu Wujud lain dalam mengapresiasi eksistensi kesenian Rakyat di Wonogiri ini menjadikan T-Shirt di Design Kethek Ogleng Wonogiri. Peran Kecil dalam membranding icon local ini dengan semoga tetap lestari dan tetap menjadi kebanggaan Kesenian Rakyat Wonogiri dan Indonesia.




Tarian kethek Ogleng Wonogiri juga memeriahkan beberapa event dan selalu mengundang sambutan antusias penonton di setiap atraksinya seperti di event Pesta Rakyat Jateng 2019Festival Payung Prambanan 2019 dan berbagai event lainnya.

salam -Sw 

Photo by Langit Senja dan Seputar Wonogiri 
#tariankethekogleng
#kethekoglengwonogiri
#wonogiri
#seputarwonogiri 

Sember dan Artikel /terkait : 

Tidak ada komentar