COLD BREW COFFEE

COLD BREW adalah teknik “menyeduh” bubuk kopi hitam dengan air dingin (atau air suhu ruangan) selama kurang lebih 12-24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Cold Brew di seduh  dengan cara bubuk kopi  di rendam di gelas lalu didiamkan dan disaring, atau menggunakan alat penyeduh kopi khusus, seperti french press atau cold drip.

Teknik penyeduhan dingin ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat. Konsentrat kopi ini bisa diminum langsung sebagai kopi hitam tanpa basa-basi, atau ditambah susu, krimer, gula, atau pemanis lainnya untuk meracik kreasi kopi lainnya. Misalnya, cappuccino.

Konsentrat cold brew coffee bisa tetap segar hingga dua minggu jika Anda simpan di lemari es.

Apa bedanya cold brew coffee dengan es kopi?

Meski namanya mengandung kata “dingin”, cold brew coffee beda dengan es kopi biasa. Membuat segelas es kopi perlu waktu yang lebih cepat daripada “menyeduh” kopi cold brew. Es kopi diracik dengan bubuk kopi yang dilarutkan pakai air panas dan ditambahkan es batu setelahnya agar dingin biasa nya juga pake metode seduh Pour Over dengan nama menu kalau di kedai-kedai namanya Japanese Coffee.Konsentrat kopi cold brew didapatkan dari merendam bubuk kopi hitam dengan air dingin atau air suhu ruangan.

Teknik yang berbeda menghasilkan rasa yang berbeda pula. begitu juga dengan menu kopi yang menggunakan base espresso, ekstrak kopi yang di sembur air panas menggunakan alat espresso dijadikan dasar untuk menu-munu es kopi seperti long black , americano , cappucino dan menu minuman kekinian es kopi susu.

Sementara itu, cold brew membutuhkan waktu hingga 18-24 jam untuk menghasilkan konsentrat. Proses yang mirip dengan infused water ini menghasilkan rasa dan aroma yang lebih halus. Inilah yang menyebabkan kopi cold brew terasa berbeda dengan es kopi biasa.Konsentrat ini juga bisa Anda hidangkan dingin-dingin dengan batu es tanpa harus takut kedapatan rasa yang terlalu tawar karena keenceran. Untuk alasan ini, pembuatan kopi pakai metode cold brew umumnya dianggap sebagai metode terbaik untuk meracik kopi dingin.

Kopi yang “diseduh” pakai air dingin ini memiliki kadar pH 6,31, berlawanan dengan versi panasnya yang mengandung pH 5,48 — pada skala pH, semakin rendah angkanya semakin asam zat tersebut. Ini berarti kopi cold brew bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk memuaskan keinginan ngopi bagi orang-orang yang punya masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung, jelas Joan Salge Blake, RD, associate associate klinis di Boston University dan penulis Nutrition & You, dilansir dari Health.

Manfaat minum Cold Brew Coffee 

Minum cold brew coffee juga banyak manfaatnya , berikut beberapa artikel yang mengulas dari minum coffee cold brew :   Manfaat minum Cold Brew.
 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Salam