Manfaat Antioksidan Kopi

Radikal bebas (free radical) ini merupakan suatu atom atau molekul yang mempunyai satu elektron atau lebih yang tanpa pasangan. Radikal bebas bisa dihasilkan dari dalam tubuh; dari hasil metabolisme sel normal. 
Radikal bebas juga bisa dihasilkan dari sumber-sumber eksternal yang masuk ke dalam tubuh; seperti polusi udara, radiasi, obat-obatan, dan lingkungan yang buruk (air dan makanan).
Dalam jumlah yang kecil (terkendali), radikal bebas berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Namun jika radikal bebas jumlahnya berlebihan dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.
 Akumulasi kerusakan sel-sel dalam tubuh ini memicu timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, gangguan kekebalan tubuh (imunitas), penuaan dini, katarak, rematik, jantung, hingga kerusakan fungsi syaraf dan otak. 
jika jumlah radikal bebas berlebih maka tubuh memerlukan antioksidan dari luar berupa asupan makanan bergizi dan suplemen. Berbagai zat gizi yang bersifat antioksidan tersebut banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.
Kopi adalah salah satu biji yang mengandung antioksidan alami jenis polifenol. Selain itu, secara alami biji kopi mengandung senyawa-senyawa penting lainnya, seperti lemak, karbohidrat, protein, senyawa asam, vitamin, dan mineral. baca juga Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula
Senyawa-senyawa tersebut membentuk citarasa khas kopi, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Komposisi senyawa kimia dalam biji kopi terbentuk secara alami berdasarkan jenis tanaman kopi. 
Faktor lingkungan tumbuh, tingkat kematangan buah, proses pengolahan biji kopi hingga proses penyeduhan kopi membuat komposisi senyawa kimia dalam kopi berubah-ubah, sehingga perlu dikendalikan dengan baiik.
Proses penyeduhan juga mempengaruhi tingkat oksidan secangkir kopi. Semakin banyak kopi yang terlarut dalam air maka makin banyak pula senyawa antioksidan yang terlarut. 

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Salam